Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Jurnal

Table of Contents [Show]
    Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Jurnal

    Evaluasi adalah suatu proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (ketentuan, kegiatan, keputusan, unjuk-kerja, proses, orang, objek dan yang lainnya) berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian.

    Berikut adalah beberapa pengertian evaluasi menurut para ahli jurnal:

    Evaluasi adalah suatu proses menentukan hasil dari beberapa kegiatan yang telah direncanakan dan dicapai untuk mendukung tercapainya tujuan.

    Evaluasi merupakan kegiatan mencari informasi yang bermanfaat dalam menilai keberadaan suatu program, produksi, prosedur serta alternatif strategi yang diajukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

    Evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil sebuah keputusan.

    Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang biasanya dilakukan untuk membuat penilaian terhadap kelayakan suatu perencanaan, implementasi, dan hasil suatu program atau kebijakan.

    Evaluasi merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk membuat penilaian tentang nilai sesuatu.

    Evaluasi adalah proses untuk mengetahui seberapa jauh perencanaan dapat dilaksanakan dan seberapa jauh tujuan program tercapai.

    Evaluasi dalam pendidikan adalah proses sistematis untuk menentukan nilai proses dan hasil pembelajaran. Evaluasi pendidikan bertujuan untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran telah tercapai, apakah proses pembelajaran telah berlangsung dengan efektif dan efisien, dan apakah hasil pembelajaran telah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

    Evaluasi dalam program adalah proses sistematis untuk menentukan nilai suatu program. Evaluasi program bertujuan untuk mengetahui apakah tujuan program telah tercapai, apakah program telah berjalan dengan efektif dan efisien, dan apakah dampak program telah sesuai dengan yang diharapkan.

    Pengertian evaluasi menurut para ahli jurnal adalah suatu proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu berdasarkan kriteria tertentu melalui penilaian. Evaluasi dapat dilakukan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan dan program.

    WebHakikat Evaluasi 1. Pengertian Evaluasi Pemahaman mengenai pengertian evaluasi dapat berbeda-beda sesuai dengan pengertian evaluasi yang bervariatif oleh para. WebA. Pengertian Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi 1) Pengertian Pengukuran Menurut Cangelosi (1995) yang dimaksud dengan pengukuran (Measurement) adalah suatu. Web1. Pengertian Evaluasi Menurut pengertian bahasa kata evaluasi berasal dari bahasa Inggris evaluation yang berarti penilaian atau penaksiran. Evaluasi berperan penting. WebB. Pengertian Evaluasi (Evaluation) Para ahli yang mengemukakan pengertian evaluasi, di antaranya Sudjana dan Yusuf. Sudjana (2009) menyatakan bahwa evaluasi. WebE. Pengertian Evaluasi Evaluasi menurut Kumano (2001) merupakan penilaian terhadap data yang dikumpulkan melalui kegiatan asesmen. Sementara itu menurut Calongesi. WebSudijono, 2015: 1), evaluation refer to the act or process to determining. the value of something. Menurut definisi ini, maka istilah evaluasi itu. menunjuk kepada atau.

    Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Jurnal

    PDF) Konsep Evaluasi Pembelajaran (Pengertian Fungsi dan Tujuan) | Kusuma Dewi - Academia.edu - Source: Academia.edu
    Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Jurnal

    DOC) Pengertian assessment dan evaluasi masing-masing menurut 3 ahli dari 3 buku | wahyuni Abbas - Academia.edu - Source: Academia.edu
    Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Jurnal

    Pengertian Evaluasi Program Menurut Para Ahli | PPT - Source: SlideShare

    Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Jurnal, Pengertian Dasar Apa itu Tes, Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi, 6.36 MB, 04:38, 17,499, jadiguru id, 2019-12-27T01:31:59.000000Z, 5, PDF) Konsep Evaluasi Pembelajaran (Pengertian Fungsi dan Tujuan) | Kusuma Dewi - Academia.edu, Academia.edu, 842 x 595, jpg, , 3, pengertian-evaluasi-menurut-para-ahli-jurnal

    Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Jurnal. Webevaluasi menurut Ivo (2017: 1) evaluasi merupakan proses penggambaran dan penyempurnaan informasi yang berguna untuk menetapkan alternatif. Alternatif yang dimaksud dalam pendapat ini yaitu pilihan lain yang dapat digunakan untuk mencapai. WebPengertian evaluasi secara umum dapat diartikan sebagai proses sistematis untuk menentukan nilai sesuatu (ketentuan, kegiatan, keputusan, unjuk-kerja, proses, orang,. WebEvaluasi adalah proses pemberian makna atau ketetapan kualitas hasil pengukuran dengan cara membandingkan angka hasil pengukuran tersebut dengan kriteria tertentu. Kriteria.

    Di video ini membahas tentang Pengertian-pengertian dasar apa itu Tes, Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi.

    Cek video yang lainnya ya sahabat jadiguru indonesia. Semoga video ini bermanfaat. jangan lupa Like, Comment, Share, dan Subscribe...

    PDF) Konsep Evaluasi Pembelajaran (Pengertian Fungsi dan Tujuan) | Kusuma Dewi - Academia.edu

    Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli Jurnal, WebB. Pengertian Evaluasi (Evaluation) Para ahli yang mengemukakan pengertian evaluasi, di antaranya Sudjana dan Yusuf. Sudjana (2009) menyatakan bahwa evaluasi. WebE. Pengertian Evaluasi Evaluasi menurut Kumano (2001) merupakan penilaian terhadap data yang dikumpulkan melalui kegiatan asesmen. Sementara itu menurut Calongesi. WebSudijono, 2015: 1), evaluation refer to the act or process to determining. the value of something. Menurut definisi ini, maka istilah evaluasi itu. menunjuk kepada atau.

    Pengertian Dasar Apa itu Tes, Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi

    Pengertian Dasar Apa itu Tes, Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi

    Source: Youtube.com

    Metode Penelitian Evaluasi, Macam, Cara Membuat, dan Contohnya

    Metode Penelitian Evaluasi, Macam, Cara Membuat, dan Contohnya

    Source: Youtube.com

    TEORI YANG DIGUNAKAN PADA SKRIPSI

    TEORI YANG DIGUNAKAN PADA SKRIPSI

    Source: Youtube.com

    What is Expert Evaluation

    What is Expert Evaluation

    Source: Youtube.com

    Evaluating Journals for Unethical Practices

    Evaluating Journals for Unethical Practices

    Source: Youtube.com


    dex › adaraEVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L - iain-bone.ac.id

    A. Pengertian Evaluasi Secara etimologi " evaluasi" berasal dari bahasa Inggris yaitu evaluation dari akar kata value yang berarti nilai atau harga. Nilai dalam bahasa Arab disebut al-qiamah atau al- taqdir' yang bermakna penilaian (evaluasi). Sedangkan secara harpiah, evaluasi pendidikan dalam bahasa Arab sering disebut dengan .


    .


    .


    .


    .


    ication › 335425350(PDF) EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN - ResearchGate

    berikut penulis juga mengemukakan beberapa pendapat para ahli, yaitu: Jahja Qohar, mengemukakan bahwa fungsi evaluasi dari sisi peserta didik secara individual, dan dari segi program pengajaran , .


    .


    publicationsDASAR-DASAR DAN RUANG LINGKUP EVALUASI PENDIDIKAN - Neliti

    Pengertian evaluasi secara istilah, telah banyak dikemukakan para ahli, terutama pakar pendidikan. Edwind Wandt dan Geral W. Brwon menyatakan; Evaluation refer to the act or process to determining the value of something.8 Definisi ini, maka istilah evaluasi itu mengandung pengertian; suatu tindakan atau .


    ream › 123456789/13281/2BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1. Konsep Dasar Evaluasi

    Merujuk dari beberapa pendapat para ahli diatas mengenai konsep pengertian evaluasi, terdapat beberapa poin bahwa evaluasi dipahami sebagai upaya mengumpulkan informasi (Hikmat: 2009; Arikunto: 2009; Wirawan: 2012), mengintepretasikan serta mengambil kesimpulan (Widyoko: 2013), konsep pembandingan terhadap suatu hasil penilaian (Supranoto: 2012). .


    .


    .


    /08BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Kajian Teori 1. Pengertian Evaluasi

    evaluasi dimaksudkan untuk menentukan nilai sesuatu. Hasil dari evaluasi kita dapat menentukan apakah sesuatu itu mempunyai nilai atau tidak, dengan kata lain, evaluasi dapat menunjukkan kualitas sesuatu. Evaluasi adalah proses pemberian makna atau ketetapan kualitas hasil .


    .


    3BAB II KAJIAN PUSTAKA A. Kajian Teori 1. Pengertian Evaluasi

    evaluasi menurut Ivo (2017: 1) evaluasi merupakan proses penggambaran dan penyempurnaan informasi yang berguna untuk menetapkan alternatif. Alternatif yang dimaksud dalam pendapat ini yaitu pilihan lain yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan tertentu. Selanjutnya Arikunto (2013: 1-2) menjelaskan evaluasi adalah suatu .


    HAKIKAT, TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI DALAM PENGEMBANGAN ... - CORE

    pengertian tentang evaluasi ini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, evaluasi berarti penilaian (KBBI, 1996:272). Nurgiyantoro (1988:5) menyebutkan bahwa evaluasi adalah proses untuk mengukur kadar pencapaian tujuan. Ia lebih lanjut menjelaskan bahwa evaluasi yang bersinonim dengan penilaian tidak sama konsepnya .

    See Also

    0 Komentar