Fungsi Enzim Siklooksigenase

Table of Contents [Show]
    Fungsi Enzim Siklooksigenase

    Enzim siklooksigenase (COX) adalah enzim yang berperan dalam pembentukan prostaglandin, tromboksan, dan leukotrien. Prostaglandin, tromboksan, dan leukotrien adalah senyawa lipid yang berperan dalam berbagai fungsi fisiologis, seperti:

    Enzim siklooksigenase (COX) adalah enzim yang berperan dalam pembentukan prostaglandin, tromboksan, dan leukotrien. Prostaglandin, tromboksan, dan leukotrien adalah senyawa lipid yang berperan dalam berbagai fungsi fisiologis, seperti proses peradangan, pembentukan trombosit, penyerapan kalsium, penyebaran rasa sakit, dan penyebaran suhu.

    Ada dua jenis enzim siklooksigenase, yaitu COX-1 dan COX-2. COX-1 adalah enzim yang selalu ada di dalam tubuh, sedangkan COX-2 adalah enzim yang diproduksi oleh tubuh saat terjadi peradangan.

    COX-1 berperan dalam berbagai fungsi fisiologis, seperti:

    COX-2 berperan dalam proses peradangan. Saat terjadi peradangan, tubuh akan memproduksi COX-2 untuk menghasilkan prostaglandin E2 dan tromboksan A2. Prostaglandin E2 berperan dalam meningkatkan aliran darah ke area yang meradang, sedangkan tromboksan A2 berperan dalam menarik trombosit ke area yang meradang.

    Penghambatan enzim siklooksigenase dapat menyebabkan berkurangnya produksi prostaglandin, tromboksan, dan leukotrien. Hal ini dapat bermanfaat untuk mengobati kondisi-kondisi yang disebabkan oleh peradangan, seperti artritis, nyeri otot, dan nyeri kepala.

    Obat-obatan yang menghambat enzim siklooksigenase, antara lain:

    Obat-obatan yang menghambat enzim siklooksigenase dapat menyebabkan efek samping, seperti:

    Enzim siklooksigenase adalah enzim yang berperan dalam pembentukan prostaglandin, tromboksan, dan leukotrien. Prostaglandin, tromboksan, dan leukotrien adalah senyawa lipid yang berperan dalam berbagai fungsi fisiologis, seperti proses peradangan, pembentukan trombosit, penyerapan kalsium, penyebaran rasa sakit, dan penyebaran suhu.

    Video Fungsi Enzim Siklooksigenase


    Fungsi Enzim Siklooksigenase

    Fungsi Enzim Siklooksigenase.

    Fungsi Enzim Siklooksigenase,



    .


    .


    .


    .


    .


    › filesBab II Tinjauan Pustaka - Institut Teknologi Bandung

    Siklooksigenase (cox) merupakan enzim yang mengkatalisis pembentukan prostaglandin, suatu mediator inflamasi, dan produk metabolisme asam arakidonat. Enzim COX terdiri dari 2 isoenzim yaitu cox-1 dan cox-2. Enzim cox-1 bersifat konstitutif untuk memelihara fisiologi normal dan homeostasis, sedangkan cox-2 .


    mmPenghambat Siklooksigenase-2: Obat Analgesik Anti-inflamasi ...

    Obat analgesik anti-inflamasi nonsteroid (AINS) bekerja menghambat enzim cyclooxygenase (COX) sehingga sintesis prostaglandin (PG) juga terhambat. COX- 1 yang terlibat dalam sintesis PG dapat mempengaruhi fungsi ginjal dan pertahanan mukosa lambung, sehingga hambatan pada COX-1 oleh obat AINS dapa: menyebabkan timbulnya efek samping pada , .


    a-antiinflamasi-dockingKajian Senyawa Antiinflamasi Docking Terhadap Siklooksigenase ...

    Enzim siklooksigenase merupakan enzim yang mengkatalisis pembentukan prostaglandin, suatu mediator inflamasi, dan produk metabolisme asam arakidonat. Enzim COX-1 bersifat konstitutif untuk memelihara fisiologi normal dan homeostasis, sedangkan COX-2 merupakan enzim yang terinduksi pada sel yang mengalami inflamasi oleh sitokin, endotoksin, dan , .


    .


    .


    .


    se-jenis-reaksiSiklooksigenase: jenis, reaksi, inhibitor – Apa-itu.net

    .


    4965321Cyclooxygenase enzymes: regulation and function - PubMed

    COX enzymes are clinically important because they are inhibited by aspirin and numerous other non-steroidal anti-inflammatory drugs. This inhibition of COX confers relief from inflammatory, pyretic, thrombotic, neurodegenerative and oncological maladies. About one hundred years have elapsed since Hoffman designed and synthesized acetylsalicylic , .


    › file_penelitian_1_dirSIKLOOKSIGENASE, JALUR ARAKIDONAT, DAN NONSTEROIDAL ...

    2.1. Enzim Siklooksigenase (COX) 2.1.1. Struktur Molekuler COX COX (Prostaglandin G/H sintase; Prostaglandin endoperoksida H sintase; EC 1.14.99.1) adalah enzim homodimer yang mengkatalis dua langkah pertama dalam biosintesis prostaglandin. Enzim COX memiliki dua isoform, yakni isoenzim COX-1 dan COX-2. COX-1 memiliki 576 asam .


    iklooksigenaseSiklooksigenase - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

    Siklooksigenase (Bahasa Inggris: Cyclooxygenase, disingkat COX), secara resmi dikenal sebagai prostaglandin-endoperoksida sintase (PTGS), merupakan enzim (khususnya keluarga isozim, EC 1.14.99.1) yang bertanggung jawab untuk pembentukan prostanoid, termasuk tromboksan dan prostaglandin seperti prostasiklin. .

    See Also

    0 Komentar