Apa Itu Alat Evaluasi Pembelajaran

Table of Contents [Show]
    Apa Itu Alat Evaluasi Pembelajaran

    Alat evaluasi pembelajaran adalah alat atau instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi tentang hasil belajar peserta didik. Alat evaluasi pembelajaran dapat berupa tes maupun non tes.

    Tujuan dari evaluasi pembelajaran adalah untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik. Evaluasi pembelajaran dapat digunakan untuk:

    • Menilai ketuntasan belajar peserta didik
    • Mendiagnosis kesulitan belajar peserta didik
    • Mengetahui kemajuan belajar peserta didik
    • Membandingkan hasil belajar peserta didik
    • Menentukan kelulusan peserta didik

    Alat evaluasi pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

    Tes adalah alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik. Tes dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:
    * Tes tertulis
    * Tes lisan
    * Tes perbuatan

    Non tes adalah alat evaluasi yang digunakan untuk mengukur aspek-aspek non kognitif peserta didik, seperti sikap, minat, dan keterampilan. Non tes dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:
    * Observasi
    * Wawancara
    * Angket
    * Portofolio
    * Skala sikap

    Alat evaluasi pembelajaran harus dikembangkan dengan baik agar dapat menghasilkan data atau informasi yang akurat. Dalam mengembangkan alat evaluasi pembelajaran, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

    Alat evaluasi pembelajaran merupakan instrumen yang penting dalam proses pembelajaran. Alat evaluasi pembelajaran yang baik dapat membantu guru untuk menilai pencapaian hasil belajar peserta didik secara akurat.

    Web7. Secara administratif, evaluasi berfungsi untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada pemerintah, pimpinan/kepala sekolah, guru/instruktur, termasuk. WebAlat Evaluasi Pembelajaran. Alat evaluasi pembelajaran umumnya dikenal sebagai instrumen evaluasi. Penggunaan alat ini bertujuan untuk memudahkan guru.

    Apa Itu Alat Evaluasi Pembelajaran

    DOC) Alat Evaluasi | Lola Nurhidayaty - Academia.edu - Source: Academia.edu
    Apa Itu Alat Evaluasi Pembelajaran

    PRINSIP DAN ALAT EVALUASI - ppt download - Source: SlidePlayer
    Apa Itu Alat Evaluasi Pembelajaran

    DOC) ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN | Tasya Widiarsih - Academia.edu - Source: Academia.edu

    Apa Itu Alat Evaluasi Pembelajaran, EVALUASI PEMBELAJARAN - JENIS ALAT DAN TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN, 6.07 MB, 04:25, 1,230, wahyu din, 2020-09-28T14:02:51.000000Z, 5, DOC) Alat Evaluasi | Lola Nurhidayaty - Academia.edu, Academia.edu, 842 x 595, jpg, , 3, apa-itu-alat-evaluasi-pembelajaran

    Apa Itu Alat Evaluasi Pembelajaran. WebArtinya, evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran adalah evaluasi program, bukan penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar hanya merupakan bagian dari evaluasi.

    ini deskripsi

    DOC) Alat Evaluasi | Lola Nurhidayaty - Academia.edu

    Apa Itu Alat Evaluasi Pembelajaran, Web7. Secara administratif, evaluasi berfungsi untuk memberikan laporan tentang kemajuan peserta didik kepada pemerintah, pimpinan/kepala sekolah, guru/instruktur, termasuk. WebAlat Evaluasi Pembelajaran. Alat evaluasi pembelajaran umumnya dikenal sebagai instrumen evaluasi. Penggunaan alat ini bertujuan untuk memudahkan guru.

    EVALUASI PEMBELAJARAN - JENIS ALAT DAN TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN

    EVALUASI PEMBELAJARAN - JENIS ALAT DAN TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN

    Source: Youtube.com

    Dr. Zainal Arifin, M.Pd. - Evaluasi Pembelajaran

    Dr. Zainal Arifin, M.Pd. - Evaluasi Pembelajaran

    Source: Youtube.com

    Alat Evaluasi Pembelajaran

    Alat Evaluasi Pembelajaran

    Source: Youtube.com

    Assessment as an evaluation tool for Learning Outcomes

    Assessment as an evaluation tool for Learning Outcomes

    Source: Youtube.com

    Using Assessment and Evaluation Strategies to Support Students

    Using Assessment and Evaluation Strategies to Support Students

    Source: Youtube.com


    .


    .


    .


    .


    .


    › evaluasi-pembelajaranPembahasan Evaluasi Pembelajaran yang Wajib Dipahami untuk ...

    Alat evaluasi pembelajaran umumnya dikenal sebagai instrumen evaluasi. Penggunaan alat ini bertujuan untuk memudahkan guru dalam mengevaluasi kegiatan pembelajaran. Secara umum, alat evaluasi pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu tes dan non tes. .


    valuasi-pembelajaranMetode Evaluasi Pembelajaran: Mengukur Kemajuan Belajar ...

    Metode evaluasi pembelajaran adalah suatu cara atau alat yang digunakan untuk mengukur atau menilai sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Metode ini memberikan gambaran kepada pengajar dan peserta didik tentang sejauh mana pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan telah dikuasai oleh peserta didik. .


    valuasi_pembelajaranEvaluasi pembelajaran - Wikipedia bahasa Indonesia ...

    Evaluasi Pembelajaran adalah suatu proses menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditentukan sebelumnya melalui cara yang sistematis. Evaluasi pembelajaran bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang menjadi landasan dalam mengukur tingkat kemajuan, perkembangan, dan pencapaian belajar peserta didik, serta keefektifan , .


    .


    .


    .


    s-alat-teknik-evaluasiJENIS ALAT DAN TEKNIK EVALUASI PEMBELAJARAN - 123dok.com

    Artinya, evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran adalah evaluasi program, bukan penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar hanya merupakan bagian dari evaluasi pembelajaran. Sebagai suatu program, evaluasi pembelajaran dibagi menjadi lima jenis, yaitu: 4. Evaluasi Perencanaan dan Pengembangan. .


    lajaran-pengertianEvaluasi Pembelajaran: Pengertian, Manfaat, dan Langkah ...

    Pengertian Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi pembelajaran adalah sebuah proses mendapatkan data dan informasi terkait hasil pembelajaran siswa, sehingga dapat dilakukan penilaian dan perbaikan untuk pembelajaran selanjutnya. Istilah evaluasi pembelajaran ini sering diartikan sama dengan ujian. .


    ajarEvaluasi Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dsb

    Pengertian Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dalam menentukan sejauh mana dan bagaimana pembelajaran yang telah berjalan agar dapat membuat penilaian (judgement) dan perbaikan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan hasilnya. .


    lat-evaluasi-pembelajaran5 Alat Evaluasi Pembelajaran Serta Cara Mengembangkannya

    Apa Itu Alat Evaluasi Pembelajaran dan Prinsip-prinsipnya? Alat evaluasi pembelajaran adalah aktivitas atau proses mengumpulkan data maupun informasi yang terdiri dari banyak dimensi. Data ini kemudian disusun secara sistematis dan berkelanjutan oleh perusahaan terkait sebagai bahan pertimbangan untuk menyusun kebijakan atau membuat keputusan , .

    See Also

    0 Komentar