Apa Fungsi Evaluasi Pembelajaran

Table of Contents [Show]
    Apa Fungsi Evaluasi Pembelajaran

    Evaluasi pembelajaran adalah proses sistematis dalam mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan data untuk mengukur sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. Evaluasi pembelajaran memiliki beberapa fungsi, yaitu:

    Fungsi diagnostik bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan peserta didik dalam suatu bidang studi tertentu. Dengan mengetahui kelemahan dan kekuatan peserta didik, guru dapat memberikan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.

    Fungsi formatif bertujuan untuk mengetahui kemajuan belajar peserta didik selama proses pembelajaran berlangsung. Dengan mengetahui kemajuan belajar peserta didik, guru dapat melakukan penyesuaian pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

    Fungsi sumatif bertujuan untuk menilai hasil belajar peserta didik pada akhir suatu unit pembelajaran atau pada akhir suatu semester. Hasil evaluasi sumatif dapat digunakan untuk menentukan kenaikan kelas, kelulusan, dan pemberian ijazah.

    Fungsi pengambilan keputusan bertujuan untuk mengambil keputusan terkait pembelajaran, misalnya untuk menentukan metode pembelajaran, media pembelajaran, atau materi pembelajaran yang lebih efektif.

    Fungsi perbaikan bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran yang telah berlangsung. Dengan mengetahui hasil evaluasi, guru dapat memperbaiki proses pembelajaran agar lebih efektif dan efisien.

    Fungsi akuntabilitas bertujuan untuk memberikan informasi kepada pihak-pihak terkait, misalnya orang tua, pemerintah, atau masyarakat, tentang hasil belajar peserta didik.

    Evaluasi pembelajaran memiliki berbagai fungsi yang penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru perlu memahami fungsi-fungsi evaluasi pembelajaran agar dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran secara efektif dan efisien.

    WebFungsi Evaluasi Pembelajaran. Fungsi evaluasi pembelajaran masih berkaitan dengan pencapaian peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Adapun fungsinya. WebEvaluasi berfungsi sebagai pengukur keberhasilan. Fungsi keempat dari penilaian ini dimaksudkan untuk mengathui sejauh mana suatu program berhasil. WebFungsi Evaluasi Pembelajaran. Berikut beberapa fungsi evaluasi pembelajaran menurut para ahli, dari berbagai sumber : Fungsi Evaluasi Pembelajaran. Webdalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik ini dapat berupa evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran. Sebenarnya apakah. WebFungsi evaluasi pembelajaran, salah satunya, adalah untuk mengetahui seberapa efisien dan efektif proses pembelajaran. Terlepas dari asesmen yang dilakukan selama kegiatan.

    Apa Fungsi Evaluasi Pembelajaran

    Fungsi dan Tujuan pada Evaluasi Pembelajaran Halaman 1 - Kompasiana.com - Source: Kompasiana.com
    Apa Fungsi Evaluasi Pembelajaran

    Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis Evaluasi Pembelajaran | Anton Hilman Personal Blog - Source: Anton Hilman
    Apa Fungsi Evaluasi Pembelajaran

    Evaluasi pembelajaran - ppt download - Source: SlidePlayer

    Apa Fungsi Evaluasi Pembelajaran, EVALUASI PEMBELAJARAN: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Signifikansinya, 34.7 MB, 25:16, 5,338, Senata Adi, 2021-04-03T02:11:20.000000Z, 5, Fungsi dan Tujuan pada Evaluasi Pembelajaran Halaman 1 - Kompasiana.com, Kompasiana.com, 309 x 500, jpg, , 3, apa-fungsi-evaluasi-pembelajaran

    Apa Fungsi Evaluasi Pembelajaran. WebAdapun tujuan utama dari evaluasi pembelajaran ini adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai pencapaian tujuan prestasi dan.

    Pendidikan merupakan hal yang sangat fundamental bagi peradaban manusia. Serangkaian proses pembelajaran yang di dalamnya terkhusus evaluasi pembelajaran adalah keniscayaan. Evaluasi pembelajaran sangatlah penting menjadi underpinning factor (factor penopang) eksistensi pendidikan. Tanpa itu, serangkaian proses pembelajaran hanya sia-sia belaka. Mengabaikan evaluasi ibarat pergi tanpa tujuan sehingga tidak jelas, tidak nyambung.
    .
    Lebih spesifik Grondlund dan Linn (1990), mendefinisikan evaluasi pembelajran adalah suatu proses mengumpulkan, menganalisis dan menginterpretasi informasi secaras sistematik untuk menetapkan sejauh mana ketercapaian tujuan pembelajaran.
    .
    Selain itu, salah satu unsur terpenting dari evaluasi adalah fungsi evaluasi itu sendiri. Evaluasi pembelajaran berfungsi untuk mengetahui tercapainya tidaknya tujuan pengajaran, dalam hal ini adalah tujuan instruksional khusus. Dengan fungsi ini dapat diketahui tingkat penguasaan bahan pelajaran yang seharusnya dikuasai oleh para peserta didik. Dengan kata lain dapat diketahui hasil belajar yang dicapai para peserta didik. Fungsi berikutnya adalah untuk mengetahui keefektifan proses belajar-mengajar yang telah dilakukan oleh guru. Dengan fungsi ini guru dapat mengetahui berhasil tidaknya ia mengajar. Rendahnya hasil belajar yang dicapai siswa tidak semata-mata disebabkan oleh kemampuan siswa tetapi juga bisa disebabkan kurang berhasilnya guru mengajar. Melalui penilaian, berarti menilai kemampuan guru itu sendiri dan hasilnya dapat dijadikan bahan dalam memperbaiki usahanya, yaitu proses belajar mengajar (PBL) berikutnya.
    .
    Selengkapnya dapat dilihat dalam video di atas.
    .
    Like, comment, share and subscribe.
    .
    #evaluasipembelajaran #evaluasiitupenting

    Fungsi dan Tujuan pada Evaluasi Pembelajaran Halaman 1 - Kompasiana.com

    Apa Fungsi Evaluasi Pembelajaran, WebFungsi Evaluasi Pembelajaran. Berikut beberapa fungsi evaluasi pembelajaran menurut para ahli, dari berbagai sumber : Fungsi Evaluasi Pembelajaran. Webdalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik ini dapat berupa evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran. Sebenarnya apakah. WebFungsi evaluasi pembelajaran, salah satunya, adalah untuk mengetahui seberapa efisien dan efektif proses pembelajaran. Terlepas dari asesmen yang dilakukan selama kegiatan.

    EVALUASI PEMBELAJARAN: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Signifikansinya

    EVALUASI PEMBELAJARAN: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Signifikansinya

    Source: Youtube.com

    Dr. Zainal Arifin, M.Pd. - Evaluasi Pembelajaran

    Dr. Zainal Arifin, M.Pd. - Evaluasi Pembelajaran

    Source: Youtube.com

    01 TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI PEMBELAJARAN

    01 TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI PEMBELAJARAN

    Source: Youtube.com

    Purpose of Assessments: The Why

    Purpose of Assessments: The Why

    Source: Youtube.com

    Evaluation and Assessment

    Evaluation and Assessment

    Source: Youtube.com


    Apa tujuan dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran

    Apa tujuan dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran Apa fungsi kkm dalam konteks evaluasi pembelajaran.


    Apa fungsi kkm dalam konteks evaluasi pembelajaran

    Apa fungsi kkm dalam konteks evaluasi pembelajaran Apa tujuan dan fungsi evaluasi pembelajaran.


    Apa tujuan dan fungsi evaluasi pembelajaran

    Apa tujuan dan fungsi evaluasi pembelajaran Apa fungsi dari evaluasi pembelajaran.


    Apa fungsi dari evaluasi pembelajaran

    Apa fungsi dari evaluasi pembelajaran Apa fungsi evaluasi pembelajaran.


    Apa fungsi evaluasi pembelajaran

    Apa fungsi evaluasi pembelajaran Apa fungsi dari evaluasi pembelajaran.


    valuasi_pembelajaranEvaluasi pembelajaran - Wikipedia bahasa Indonesia ...

    Fungsi. Evaluasi pembelajaran memiliki fungsi yang sangat penting dalam kurikulum dan proses pembelajaran. Fungsi utama dari evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui sejauh mana kemajuan, perkembangan, serta keberhasilan peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran dalam jangka waktu yang ditetapkan. .


    › evaluasi-pembelajaranPembahasan Evaluasi Pembelajaran yang Wajib Dipahami untuk ...

    Fungsi Evaluasi Pembelajaran. Fungsi evaluasi pembelajaran masih berkaitan dengan pencapaian peserta didik selama pembelajaran berlangsung. Adapun fungsinya adalah sebagai berikut. Sebagai bahan pertimbangan bagi guru untuk mengambil langkah perbaikan. Sebagai sumber informasi bagi guru untuk lebih memahami karakteristik setiap peserta didik. .


    .


    .


    .


    .


    .


    lajaran-pengertianEvaluasi Pembelajaran: Pengertian, Manfaat, dan Langkah ...

    Pengertian Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi pembelajaran adalah sebuah proses mendapatkan data dan informasi terkait hasil pembelajaran siswa, sehingga dapat dilakukan penilaian dan perbaikan untuk pembelajaran selanjutnya. Istilah evaluasi pembelajaran ini sering diartikan sama dengan ujian. .


    HAKIKAT, TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI DALAM PENGEMBANGAN ... - CORE

    evaluasi adalah proses untuk mengukur kadar pencapaian tujuan. Ia lebih lanjut menjelaskan bahwa evaluasi yang bersinonim dengan penilaian tidak sama konsepnya dengan pengukuran dan tes meskipun ketiga konsep ini sering didapatkan ketika masalah evaluasi pendidikan dibicarakan. Dikatakannya bahwa penilaian berkaitan Apa hakikat tujuan dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran.


    Apa hakikat tujuan dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran ajarEvaluasi Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, dsb

    Apa hakikat tujuan dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran Pengertian Evaluasi Pembelajaran. Evaluasi pembelajaran adalah proses untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dalam menentukan sejauh mana dan bagaimana pembelajaran yang telah berjalan agar dapat membuat penilaian (judgement) dan perbaikan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan hasilnya. Apa tujuan dan fungsi evaluasi dalam pembelajaran.

    See Also

    0 Komentar