Apa Fungsi Evaluasi Kurikulum

Table of Contents [Show]
    Apa Fungsi Evaluasi Kurikulum

    Evaluasi kurikulum adalah proses sistematis pengumpulan informasi tentang kurikulum untuk menentukan nilai dan arti kurikulum dalam suatu konteks tertentu. Evaluasi kurikulum memiliki beberapa fungsi penting, yaitu:

    Fungsi utama evaluasi kurikulum adalah untuk meningkatkan kualitas kurikulum. Evaluasi kurikulum dapat memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan kurikulum, sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan kurikulum.

    Evaluasi kurikulum juga dapat meningkatkan akuntabilitas kurikulum. Evaluasi kurikulum dapat memberikan informasi tentang sejauh mana kurikulum telah mencapai tujuannya. Informasi ini dapat digunakan untuk mempertanggungjawabkan kurikulum kepada berbagai pihak, seperti pemerintah, masyarakat, dan orang tua.

    Evaluasi kurikulum juga dapat digunakan untuk mengembangkan kurikulum baru. Evaluasi kurikulum dapat memberikan informasi tentang kebutuhan dan tuntutan masyarakat, sehingga dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan kurikulum baru yang lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat.

    Selain fungsi utama di atas, evaluasi kurikulum juga memiliki beberapa fungsi lainnya, yaitu:

    Evaluasi kurikulum dapat membantu pengambilan keputusan tentang kurikulum. Evaluasi kurikulum dapat memberikan informasi yang diperlukan untuk membuat keputusan tentang kurikulum, seperti keputusan tentang perubahan kurikulum, pengembangan kurikulum baru, atau implementasi kurikulum.

    Evaluasi kurikulum juga dapat meningkatkan pemahaman tentang kurikulum. Evaluasi kurikulum dapat memberikan informasi tentang berbagai aspek kurikulum, seperti tujuan, isi, proses, dan hasil kurikulum. Informasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman tentang kurikulum.

    Evaluasi kurikulum juga dapat mengembangkan teori kurikulum. Evaluasi kurikulum dapat memberikan informasi baru tentang kurikulum, yang dapat digunakan untuk mengembangkan teori kurikulum yang lebih baik.

    Evaluasi kurikulum memiliki berbagai fungsi penting, yaitu untuk meningkatkan kualitas kurikulum, meningkatkan akuntabilitas kurikulum, mengembangkan kurikulum baru, membantu pengambilan keputusan, meningkatkan pemahaman tentang kurikulum, dan mengembangkan teori kurikulum. Evaluasi kurikulum merupakan bagian penting dari proses pengembangan dan implementasi kurikulum.

    WebPeranan evaluasi kebijakan dalam kurikulum khususnya pendidikan umumnya minimal berkenaan dengan tiga hal, yaitu: evaluasi sebagai moral judgement, evaluasi dan. WebEVALUASI DESAIN KURIKULUM 1. Konsep; evaluasi terhadap substansi dan format desain kurikulum. 2. Sasaran: (a) substansi; tujuan, bahan, pembelajaran, dan evaluasi; (b).

    Apa Fungsi Evaluasi Kurikulum

    DOC) Tujuan dan Fungsi Evaluasi Kurikulum | adrianus adi - Academia.edu - Source: Academia.edu
    Apa Fungsi Evaluasi Kurikulum

    DOC) Definisi Fungsi dan Tujuan Evaluasi Kurikulum | Elsa Barati - Academia.edu - Source: Academia.edu
    Apa Fungsi Evaluasi Kurikulum

    EVALUASI KURIKULUM PK750 HANSISWANY KAMARGA. PENGERTIAN EVALUASI Evaluation is the process for determining the degree to which these changes in behavior. - ppt download - Source: SlidePlayer

    Apa Fungsi Evaluasi Kurikulum, TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI KURIKULUM, 13.11 MB, 09:33, 1,121, Nova Aulia Andriani, 2015-01-04T09:18:53.000000Z, 5, DOC) Tujuan dan Fungsi Evaluasi Kurikulum | adrianus adi - Academia.edu, Academia.edu, 776 x 600, jpg, , 3, apa-fungsi-evaluasi-kurikulum

    Apa Fungsi Evaluasi Kurikulum. WebB. Tujuan dan Fungsi Evaluasi Kurikulum Pada prinsipnya tujuan evaluasi kurikulum harus dirumuskan dengan titik tolak tujuan kurikulum itu sendiri yang akan dievaluasi. Secara mendasar tujuan suatu pekerjaan evaluasi kurikulum dan evaluasi lainnya, bersifat praktis. Web1. Menjelaskan secara rinci tentang tujuan evaluasi kurikulum 2. Menjelaskan beberapa konsep/ model evaluasi kurikulum 3. Menjelaskan perbedaan antara masing-masing. Webdengan benar atau belum, bila sudah maka secara teori kurikulum ini sudah baik. Evaluasi implementasi kurikulum mencakup evaluasi pelaksanaan atau kegiatan kurikuler.

    Penjelasan tentang tujuan dan fungsi evaluasi kurikulum

    DOC) Tujuan dan Fungsi Evaluasi Kurikulum | adrianus adi - Academia.edu

    Apa Fungsi Evaluasi Kurikulum, WebEVALUASI DESAIN KURIKULUM 1. Konsep; evaluasi terhadap substansi dan format desain kurikulum. 2. Sasaran: (a) substansi; tujuan, bahan, pembelajaran, dan evaluasi; (b).

    TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI KURIKULUM

    TUJUAN DAN FUNGSI EVALUASI KURIKULUM

    Source: Youtube.com

    Evaluasi Kurikulum (Prof. Dr. H. Dinn Wahyudin,MA)

    Evaluasi Kurikulum (Prof. Dr. H. Dinn Wahyudin,MA)

    Source: Youtube.com

    Fungsi Evaluasi Kurikulum

    Fungsi Evaluasi Kurikulum

    Source: Youtube.com

    CURRICULUM EVALUATION AND REASONS FOR EVALUATION

    CURRICULUM EVALUATION AND REASONS FOR EVALUATION

    Source: Youtube.com

    Basic Functions Of Curriculum / Evaluation || Teaching Aptitude for Teaching Exams

    Basic Functions Of Curriculum / Evaluation || Teaching Aptitude for Teaching Exams

    Source: Youtube.com


    .


    .


    .


    .


    .


    › Tujuan_dan_FungsiTujuan dan Fungsi Evaluasi Kurikulum - Academia.edu

    Berikut ini fungsi dari evaluasi kurikulum. 1. Evaluasi Formatif Dilaksanakan apabila kegiatan evaluasi diarahkan untuk memperbaiki bagian tertentu dari kurikulum yang sedang dikembangkan. 2. Evaluasi Sumatif Dilaksanakan apabila kurikulum telah dianggap selesai pengembangannya (evaluasi terhadap hasil kurikulum). DAFTAR PUSTAKA Hasan, P. D , .


    aluasi-KurikulumEVALUASI KURIKULUM - kurtek.upi.edu

    alam pengembangan kurikulum, evaluasi merupakan komponen penting dan tahapan yang harus ditempuh oleh para guru untuk mengetahui sejauh mana kefektifan kurikulum, hasil evaluasi tersebut dijadikan sebagai balikan (feed back) yang berfungsi sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan kurikulum. .


    .


    .


    .


    .


    .


    uginfileEVALUASI KURIKULUM - UNY

    Peranan evaluasi kebijakan dalam kurikulum khususnya pendidikan umumnya minimal berkenaan dengan tiga hal, yaitu: evaluasi sebagai moral judgement, evaluasi dan penentuan keputusan, evaluasi, dan konsensus nilai. Evaluasi sebagai moral judgement.Konsep utama dalam evaluasi adalah masalah nilai. .


    adKurikulum: Pengertian, Fungsi, Tujuan, dan Komponennya

    Fungsi kurikulum. Fungsi kurikulum diartikan sebagai kegunaan atau manfaat kurikulum bagi pihak-pihak yang terlibat dalam aktivitas pendidikan. Dilansir dari Universitas Pendidikan Indonesia, berikut fungsi kurikulum dalam dunia pendidikan, yaitu: Untuk siswa; Fungsi kurikulum untuk siswa adalah sebagian acuan belajar. .


    si_KurikulumEvaluasi Kurikulum - Direktori File UPI

    Evaluasi kurikulum merupakan salah satu komponen kurikulum yang perlu dikuasai oleh guru sebagai pelaksana kurikulum.Bagian-bagian berikut dari modul ini akan difokuskan pada uraian tentang evaluasi dalam fase pengembangan kurikulum -- tujuannya, berbagai konsep/model evaluasi yang pernah dikembangkan, tinjauan masing- .

    See Also

    0 Komentar