Contoh Distribusi Geometrik

Table of Contents [Show]
    Contoh Distribusi Geometrik

    Distribusi geometrik adalah distribusi probabilitas untuk variabel acak diskret yang menyatakan jumlah percobaan Bernoulli yang diperlukan untuk mendapatkan satu kesuksesan. Percobaan Bernoulli adalah percobaan yang hanya memiliki dua hasil yang mungkin, yaitu sukses atau gagal.

    Rumus untuk menghitung probabilitas terjadinya sukses pada percobaan Bernoulli adalah sebagai berikut:

    P(S) = p 

    dimana:

    • p adalah peluang sukses

    Rumus untuk menghitung probabilitas terjadinya kegagalan pada percobaan Bernoulli adalah sebagai berikut:

    P(G) = 1 - p 

    dimana:

    • p adalah peluang sukses

    Rumus untuk menghitung probabilitas terjadinya sukses yang pertama kali pada distribusi geometrik adalah sebagai berikut:

    P(X = k) = (1 - p)^k * p 

    dimana:

    • k adalah jumlah percobaan yang diperlukan untuk mendapatkan sukses yang pertama kali
    • p adalah peluang sukses

    Pada distribusi geometrik, setiap percobaan Bernoulli adalah independen, artinya hasil dari satu percobaan tidak mempengaruhi hasil dari percobaan lainnya.

    Probabilitas terjadinya sukses yang pertama kali pada distribusi geometrik dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

    P(X = k) = (1 - p)^k * p 

    dimana:

    • k adalah jumlah percobaan yang diperlukan untuk mendapatkan sukses yang pertama kali
    • p adalah peluang sukses

    Misalnya, jika peluang sukses pada suatu percobaan Bernoulli adalah 0,5, maka probabilitas terjadinya sukses yang pertama kali pada 5 percobaan adalah sebagai berikut:

    P(X = 5) = (1 - 0,5)^5 * 0,5 = 0,03125 

    Distribusi geometrik dapat digunakan untuk model berbagai situasi dalam kehidupan nyata, misalnya:

    Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan jackpot dalam permainan slot adalah contoh distribusi geometrik. Setiap kali pemain menarik tuas, ada peluang untuk mendapatkan jackpot. Namun, peluang tersebut sangat kecil, sehingga pemain biasanya harus melakukan beberapa kali tarikan sebelum mendapatkan jackpot.

    Jumlah panggilan telepon yang diperlukan untuk mendapatkan seseorang yang mengangkat telepon adalah contoh distribusi geometrik. Setiap kali seseorang menelepon, ada peluang bahwa orang yang dituju akan mengangkat telepon. Namun, peluang tersebut tidak selalu 100%, sehingga seseorang biasanya harus melakukan beberapa kali panggilan sebelum mendapatkan jawaban.

    Jumlah kali mencoba untuk membuka pintu yang terkunci adalah contoh distribusi geometrik. Setiap kali seseorang mencoba membuka pintu, ada peluang bahwa pintu tersebut akan terbuka. Namun, peluang tersebut tidak selalu 100%, sehingga seseorang biasanya harus mencoba beberapa kali sebelum berhasil membuka pintu.

    Demikian pembahasan tentang contoh distribusi geometrik. Semoga bermanfaat.

    WebDistribusi geometrik. Misalkan X1,…,Xn X 1,., X n adalah sampel acak ( random samples) dari populasi yang berdistribusi geometrik dengan parameter p p, yakni Xi ∼ Geo(p) X i. WebDistribusi Geometrik. Distribusi Geometrik. Distribusi geometrik diaplikasikan dalam percobaan bernoulli diulang beberapa kali sampai mendapatkan sukses yang pertama.. WebMetode Maksimum Likelihood (MLE): Distribusi Geometrik. Pada artikel ini kita akan menggunakan metode estimasi maksimum likelihood untuk memperoleh estimator atau.

    Contoh Distribusi Geometrik

    Distribusi Geometrik - YouTube - Source: YouTube
    Contoh Distribusi Geometrik

    KingofMath: DISTRIBUSI GEOMETRIK || STATISTIKA MATEMATIKA - Source: KingofMath
    Contoh Distribusi Geometrik

    Distribusi Geometrik Dengan R – Statistika Terapan - Source: Statistika Terapan

    Contoh Distribusi Geometrik, Apa itu Distribusi Geometrik - Penjelasan Singkat dan Mudah, 8.33 MB, 06:04, 2,693, Ruang Tanya, 2021-04-17T17:00:14.000000Z, 2, Distribusi Geometrik - YouTube, YouTube, 360 x 480, jpg, , 3, contoh-distribusi-geometrik

    Contoh Distribusi Geometrik. WebDalam teori probabilitas dan statistika, distribusi geometrik adalah distribusi yang memiliki ciri bahwa peubah acaknya menyatakan banyaknya percobaan yang diperlukan untuk mendapatkan sukses yang pertama. Distribusi geometrik merupakan kasus khusus. WebDistribusi Geometrik (1) Berkaitan dengan percobaan Bernoulli, dimana terdapat n percobaan independen yang memberikan hasil dalam dua kelompok (sukses dan gagal),.

    Pada episode kali ini dibahas mengenai distribusi geometrik

    Referensi
    Walpole, R. E., Myers, R. H., Myers, S. L., & Ye, K. (2016). Probability & Statistics for Engineers & Scientist. Boston: Pearson.

    music by bensound.com
    icon by flaticon.com

    Distribusi Geometrik - YouTube

    Contoh Distribusi Geometrik, WebMetode Maksimum Likelihood (MLE): Distribusi Geometrik. Pada artikel ini kita akan menggunakan metode estimasi maksimum likelihood untuk memperoleh estimator atau.

    Apa itu Distribusi Geometrik - Penjelasan Singkat dan Mudah

    Apa itu Distribusi Geometrik - Penjelasan Singkat dan Mudah

    Source: Youtube.com

    Distribusi Geometrik

    Distribusi Geometrik

    Source: Youtube.com


    g › distribusi-geometrikDistribusi Geometrik - Jagostat.com

    Penyelesaian: Gunakan distribusi geometrik dengan x = 3 x = 3 dan p = 0,60 p = 0, 60, maka diperoleh Gunakan distribusi geometrik dengan x ≤ 3 x ≤ 3 dan p = 0,60 p = 0, 60, maka diperoleh Contoh 2: Dalam suatu proses produksi diketahui bahwa rata-rata di antara 100 butir hasil produksi 1 yang cacat. .


    .


    Contoh soal distribusi geometrik.


    Contoh soal distribusi geometrik

    Contoh soal distribusi geometrik Contoh distribusi geometrik.


    Contoh distribusi geometrik

    Contoh distribusi geometrik Contoh soal distribusi geometrik.


    eometric_distributionGeometric distribution - Wikipedia

    In probability theory and statistics, the geometric distribution is either one of two discrete probability distributions : The probability distribution of the number. X {\displaystyle X} of Bernoulli trials needed to get one success, supported on the set. { 1 , 2 , 3 , … } {\displaystyle \ {1,2,3,\ldots \}} ; .


    .


    distribusi-geometrikDISTRIBUSI GEOMETRIK by Ardha Yosef - Prezi

    Contoh Soal 1 Pada suatu proses pembuatan alat tangkap ikan tertentu diketahui bahwa setiap 100 alat akan ada 1 yang rusak. Berapa probabilitas bahwa item ke 5 yang diawasi adalah yang pertama rusak. PROBABILITAS DISTRIBUSI PROBABILITAS GEOMETRIK Contoh Soal 2 TERIMAKASIH! .


    .


    .


    .


    d › files › 2015/09/7-DistribusiDistribusi Probabilitas Diskrit: Geometrik – Hipergeometrik

    Distribusi Geometrik (2) www.debrina.lecture.ub.ac.id 22/10/2014 5 Contoh 1 Pada suatu daerah, P-Cola menguasai pangsa pasar sebesar 33.2% (bandingkan dengan pangsa pasar sebesar 40.9% oleh C-Cola). Seorang mahasiswa melakukan penelitian tentang produk cola baru dan memerlukan seseorang yang terbiasa meminum P-Cola. .


    .


    usi-geometrik-binomialMateri, Soal, dan Pembahasan - Distribusi Geometrik dan ...

    Distribusi geometrik dan binomial negatif termasuk distribusi peluang untuk variabel acak diskret. Pada kasus tertentu, kita meninjau suatu eksperimen binomial yang percobaannya dilakukan secara berulang-ulang sampai kejadian yang diinginkan (kesuksesan) terjadi sebanyak sejumlah kali. .


    p-9-contoh-distribusiTop 9 contoh distribusi geometrik dalam kehidupan sehari hari ...

    Top 9 contoh distribusi geometrik dalam kehidupan sehari hari 2022 1 year ago Komentar: 0 Dibaca: Like Distribusi Probabilitas Diskrit. Distribusi Probabilitas Diskrit. Siapa jenis distribusi probabilitas yang digunakan untuk pembuatan data?. Table of Contents Show Top 1: Distribusi Geometrik - jagostat.com Pengarang: jagostat.com - Peringkat 90 .

    See Also

    0 Komentar