Apa Pengertian Artikel Ilmiah

Table of Contents [Show]

    Apa Pengertian Artikel Ilmiah dalam video

    Apa Pengertian Artikel Ilmiah

    Artikel ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang berisi hasil penelitian atau kajian suatu masalah tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan. Artikel ilmiah biasanya diterbitkan di jurnal ilmiah, baik nasional maupun internasional.

    * Pengertian artikel ilmiah
    * Ciri-ciri artikel ilmiah
    * Struktur artikel ilmiah
    * Fungsi artikel ilmiah
    * Manfaat artikel ilmiah

    Menurut Suyitno (2011), artikel ilmiah adalah karya tulis yang dirancang untuk dimuat di jurnal atau buku kumpulan artikel, ditulis dengan tata cara ilmiah disesuaikan dengan konvensi ilmiah yang berlaku.

    Menurut Brotowidjoyo (2002), artikel ilmiah adalah karya ilmiah yang merepresentasikan fakta-fakta umum dan ditulis dengan metode penulisan yang baik dan benar.

    Dari kedua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa artikel ilmiah adalah karya tulis ilmiah yang disusun dengan menggunakan kaidah-kaidah keilmuan, baik dari segi isi, struktur, maupun bahasa.

    Artikel ilmiah memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

    Artikel ilmiah memiliki struktur yang baku, yaitu:

    Artikel ilmiah memiliki fungsi sebagai berikut:

    Manfaat artikel ilmiah bagi penulis adalah sebagai berikut:

    Artikel ilmiah merupakan karya tulis ilmiah yang penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penulisan artikel ilmiah harus mengikuti kaidah-kaidah keilmuan agar dapat diterima oleh masyarakat ilmiah.

    See Also

    0 Komentar