Apa Itu Analisis Horizontal

Table of Contents [Show]

    Pengertian

    Analisis horizontal adalah metode analisis laporan keuangan yang membandingkan pos-pos laporan keuangan dari dua periode atau lebih untuk mengetahui perubahannya. Analisis ini juga dikenal sebagai analisis tren.

    Tujuan

    Tujuan analisis horizontal adalah untuk mengetahui tren atau arah perubahan posisi keuangan dan kinerja suatu perusahaan dari waktu ke waktu. Dengan analisis ini, perusahaan dapat mengetahui apakah kondisi keuangannya semakin baik atau memburuk.

    Metode

    Ada dua metode analisis horizontal, yaitu:

    Metode absolut membandingkan pos-pos laporan keuangan dari dua periode atau lebih dalam bentuk nominal.

    Metode persentase membandingkan pos-pos laporan keuangan dari dua periode atau lebih dalam bentuk persentase.

    Kegunaan

    Analisis horizontal memiliki beberapa kegunaan, antara lain:

    Analisis horizontal dapat digunakan untuk menilai kinerja perusahaan dari waktu ke waktu. Misalnya, jika penjualan bersih perusahaan meningkat dari tahun ke tahun, maka kinerja perusahaan tersebut dapat dikatakan baik.

    Analisis horizontal dapat digunakan untuk mendeteksi masalah keuangan perusahaan. Misalnya, jika beban pokok penjualan perusahaan meningkat lebih tinggi dari penjualan bersih, maka perusahaan tersebut mungkin mengalami masalah keuangan.

    Analisis horizontal dapat digunakan untuk membandingkan kinerja perusahaan dengan perusahaan lain dalam industri yang sama. Hal ini dapat dilakukan dengan membandingkan pos-pos laporan keuangan perusahaan tersebut dari waktu ke waktu.

    Kesimpulan

    Analisis horizontal adalah metode analisis laporan keuangan yang penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Analisis ini dapat membantu perusahaan untuk mengetahui tren atau arah perubahan posisi keuangan dan kinerjanya dari waktu ke waktu.

    Video dari Apa Itu Analisis Horizontal

    Apa Itu Analisis Horizontal

    See Also

    0 Komentar