Apa Itu Algoritma Percabangan

Table of Contents [Show]

    Algoritma percabangan adalah salah satu struktur kontrol yang digunakan untuk mengatur jalannya program. Algoritma ini digunakan untuk memilih atau melanjutkan salah satu perintah dari beberapa perintah yang sudah ada sebelumnya.

    Algoritma percabangan digunakan untuk memecahkan masalah yang memiliki lebih dari satu kasus. Dengan algoritma ini, program dapat mengambil tindakan yang berbeda berdasarkan kondisi yang diberikan.

    Berikut adalah contoh penggunaan algoritma percabangan untuk menentukan apakah suatu bilangan positif atau negatif:

    “`
    if (bil > 0) {
    } else {
    }
    “`

    Pada kode di atas, variabel `bil` berisi nilai bilangan yang akan diuji. Jika nilai `bil` lebih dari 0, maka program akan menjalankan blok kode yang berada di dalam blok `if`. Jika nilai `bil` tidak lebih dari 0, maka program akan menjalankan blok kode yang berada di dalam blok `else`.

    Ada dua jenis algoritma percabangan, yaitu:

    Percabangan if-else adalah jenis algoritma percabangan yang paling umum digunakan. Percabangan ini digunakan untuk memilih salah satu dari dua perintah.

    Percabangan switch-case digunakan untuk memilih salah satu dari beberapa perintah. Percabangan ini lebih efisien daripada percabangan if-else jika terdapat banyak kondisi yang harus diuji.

    Algoritma percabangan adalah struktur kontrol yang penting dalam pemrograman. Algoritma ini digunakan untuk memecahkan masalah yang memiliki lebih dari satu kasus.

    Apa Itu Algoritma Percabangan dalam video berikut

    Apa Itu Algoritma Percabangan

    See Also

    0 Komentar