Apa Itu Cvt

Table of Contents [Show]

    CVT adalah singkatan dari Continuously Variable Transmission, yaitu transmisi otomatis yang dapat berubah secara mulus melalui berbagai rasio gigi efektif yang berkesinambungan. CVT berbeda dengan transmisi otomatis konvensional yang memiliki sejumlah rasio gigi tetap.

    CVT memiliki beberapa keuntungan dibandingkan transmisi otomatis konvensional, antara lain:

    CVT juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

    CVT menggunakan dua pulley yang saling terhubung dengan belt atau rantai. Pulley ini dapat berubah ukuran untuk mengubah rasio gigi.

    Pada transmisi CVT dengan belt, pulley yang lebih kecil disebut dengan pulley input, sedangkan pulley yang lebih besar disebut dengan pulley output. Saat pulley input berputar, belt akan bergerak dan menggerakkan pulley output. Ukuran pulley input dan output dapat berubah untuk mengubah rasio gigi.

    Pada transmisi CVT dengan rantai, pulley input dan output digerakkan oleh rantai. Rantai akan bergerak untuk mengubah rasio gigi.

    Ada dua jenis CVT yang umum digunakan, yaitu:

    CVT mulai populer di Indonesia pada tahun 2000-an. Saat ini, CVT banyak digunakan pada mobil-mobil kelas menengah dan kelas atas. CVT juga mulai digunakan pada sepeda motor.

    Video dari Apa Itu Cvt

    Apa Itu Cvt

    See Also

    0 Komentar