Apa Itu Anemia Bulan Sabit

Table of Contents [Show]

    Anemia bulan sabit adalah penyakit darah turunan yang disebabkan oleh kelainan genetik pada hemoglobin, protein yang membawa oksigen di dalam sel darah merah. Hal ini menyebabkan sel darah merah menjadi berbentuk seperti sabit, kaku, dan sulit bergerak.

    Anemia bulan sabit adalah penyakit darah turunan yang disebabkan oleh kelainan genetik pada hemoglobin, protein yang membawa oksigen di dalam sel darah merah. Hemoglobin normal berbentuk seperti cakram, sedangkan hemoglobin pada anemia bulan sabit berbentuk seperti sabit.

    Bentuk sel darah merah yang abnormal ini menyebabkan sel darah merah menjadi kaku, sulit bergerak, dan mudah pecah. Hal ini menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

    Anemia bulan sabit disebabkan oleh mutasi gen yang diturunkan dari kedua orang tua. Gen yang bermutasi ini menyebabkan tubuh menghasilkan hemoglobin abnormal yang berbentuk seperti sabit.

    Gejala anemia bulan sabit dapat bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan penyakit. Gejala yang umum terjadi meliputi:

    * Kelelahan
    * Sesak napas
    * Nyeri tulang
    * Demam
    * Sakit kepala
    * Mual dan muntah
    * Infeksi

    Diagnosis anemia bulan sabit dapat dilakukan dengan pemeriksaan darah, seperti:

    * Hitung darah lengkap (CBC)
    * Tes kimia darah
    * Tes darah khusus untuk hemoglobin S

    Tidak ada obat untuk menyembuhkan anemia bulan sabit. Namun, ada beberapa pengobatan yang dapat membantu mengelola gejala dan mencegah komplikasi.

    Pengobatan anemia bulan sabit meliputi:

    * Transfusi darah
    * Obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit
    * Obat-obatan untuk mencegah infeksi
    * Terapi oksigen

    Anemia bulan sabit adalah penyakit turunan, sehingga tidak dapat dicegah. Namun, skrining genetik dapat dilakukan sebelum hamil untuk mengetahui risiko anemia bulan sabit pada janin.

    Tayangan video dari Apa Itu Anemia Bulan Sabit

    Apa Itu Anemia Bulan Sabit

    See Also

    0 Komentar