Apa Itu Analisis Komparasi

Table of Contents [Show]

    Apa Itu Analisis Komparasi dalam video

    Apa Itu Analisis Komparasi

    Analisis perbandingan adalah metode atau teknik yang digunakan untuk menganalisis laporan keuangan perusahaan. Analisis ini dilakukan dengan membandingkan laporan keuangan dari periode tertentu dengan periode lain, atau membandingkan laporan keuangan perusahaan dengan perusahaan lain yang sejenis.

    Analisis perbandingan adalah metode analisis laporan keuangan yang dilakukan dengan membandingkan laporan keuangan dari periode tertentu dengan periode lain, atau membandingkan laporan keuangan perusahaan dengan perusahaan lain yang sejenis.

    Tujuan analisis perbandingan adalah untuk mengetahui perubahan-perubahan yang terjadi dalam laporan keuangan, baik itu berupa kenaikan atau penurunan. Perubahan-perubahan tersebut dapat dinyatakan dalam satuan mata uang ataupun satuan persentase.

    Manfaat analisis perbandingan antara lain:

    Terdapat dua teknik analisis perbandingan, yaitu:

    Analisis horizontal adalah teknik analisis perbandingan yang dilakukan dengan membandingkan data keuangan dari satu periode dengan periode lain. Analisis ini dapat dilakukan dengan membandingkan data keuangan dari satu tahun ke tahun lainnya, atau membandingkan data keuangan dari kuartal ke kuartal lainnya.

    Analisis vertikal adalah teknik analisis perbandingan yang dilakukan dengan membandingkan data keuangan dari satu pos dengan pos lainnya dalam laporan keuangan yang sama. Analisis ini dapat dilakukan dengan membandingkan data keuangan dalam laporan laba rugi, laporan perubahan modal, atau laporan neraca.

    Analisis perbandingan adalah metode analisis laporan keuangan yang penting untuk dilakukan oleh perusahaan. Analisis ini dapat membantu perusahaan untuk mengetahui kinerja keuangannya, tren kinerja keuangannya, dan keunggulan serta kelemahannya.

    See Also

    0 Komentar