Apa Itu Algoritma Bellman Ford

Table of Contents [Show]

    Algoritma Bellman Ford adalah algoritma yang digunakan untuk mencari jalur terpendek dari satu titik dalam sebuah graf berbobot. Algoritma ini dapat digunakan untuk graf yang mengandung sisi berbobot negatif, yang tidak dapat diproses oleh algoritma Dijkstra.

    * Algoritma Bellman Ford
    * Jalur terpendek
    * Graf berbobot
    * Sisi berbobot negatif

    Algoritma Bellman Ford bekerja dengan cara melacak jarak dari titik sumber ke semua titik lainnya dalam graf. Algoritma ini menggunakan iterasi untuk memperbarui jarak dari titik sumber ke semua titik lainnya.

    Jalur terpendek adalah jalur yang memiliki jarak terpendek dari titik sumber ke titik tujuan.

    Graf berbobot adalah graf yang memiliki nilai bobot pada setiap sisinya. Bobot sisi dapat mewakili jarak, biaya, atau nilai lainnya.

    Sisi berbobot negatif adalah sisi yang memiliki bobot negatif. Bobot negatif dapat mewakili jalur yang lebih singkat, lebih murah, atau lebih bernilai.

    Algoritma Bellman Ford bekerja dengan cara iteratif. Pada setiap iterasi, algoritma ini akan memperbarui jarak dari titik sumber ke semua titik lainnya.

    Pada iterasi pertama, algoritma ini akan menetapkan jarak dari titik sumber ke semua titik lainnya sebesar jarak langsung dari titik sumber ke titik tersebut.

    Pada iterasi selanjutnya, algoritma ini akan memeriksa setiap sisi dalam graf. Jika jarak dari titik sumber ke titik awal sisi lebih kecil dari jarak dari titik sumber ke titik tujuan, maka algoritma ini akan memperbarui jarak dari titik sumber ke titik tujuan.

    Algoritma ini akan berhenti ketika jarak dari titik sumber ke semua titik lainnya sudah tidak berubah pada iterasi selanjutnya.

    Algoritma Bellman Ford adalah algoritma yang efektif untuk mencari jalur terpendek dalam graf berbobot. Algoritma ini dapat digunakan untuk graf yang mengandung sisi berbobot negatif, yang tidak dapat diproses oleh algoritma Dijkstra.

    Apa Itu Algoritma Bellman Ford dalam video berikut

    Apa Itu Algoritma Bellman Ford

    See Also

    0 Komentar