Apa Itu Aioli

Table of Contents [Show]

    Definisi Aioli

    Aioli adalah saus dingin yang terbuat dari emulsi bawang putih dan minyak zaitun. Saus ini berasal dari wilayah Mediterania Barat Laut, meliputi Spanyol, Prancis, dan Italia.

    Bahan-bahan Aioli

    Bahan-bahan utama aioli adalah bawang putih, minyak zaitun, dan kuning telur. Selain itu, aioli juga sering ditambahkan dengan lemon, mustard, atau peterseli.

    Cara Membuat Aioli

    Aioli biasanya dibuat dengan cara menghaluskan bawang putih dan kuning telur menggunakan cobek atau blender. Setelah halus, minyak zaitun ditambahkan sedikit demi sedikit sambil diaduk terus-menerus hingga mengental.

    Kegunaan Aioli

    Aioli biasa disajikan sebagai saus pendamping berbagai hidangan, seperti ikan, kentang, atau sayuran. Aioli juga sering digunakan sebagai bahan dasar untuk hidangan lain, seperti sosis dan sup.

    Perbedaan Aioli dan Mayonnaise

    Aioli dan mayonnaise sering kali dianggap sama karena memiliki tampilan dan tekstur yang serupa. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan, yaitu:

    Aioli adalah saus dingin yang terbuat dari emulsi bawang putih dan minyak zaitun. Saus ini berasal dari wilayah Mediterania Barat Laut dan biasa disajikan sebagai saus pendamping berbagai hidangan. Aioli memiliki beberapa perbedaan dengan mayonnaise, yaitu bahan, rasa, dan tekstur.

    Tayangan video dari Apa Itu Aioli

    Apa Itu Aioli

    See Also

    0 Komentar