Apa Itu Aileron

Table of Contents [Show]

    Definisi

    Aileron adalah permukaan kendali penerbangan yang terletak di ujung sayap pesawat terbang. Aileron digunakan untuk mengontrol gerakan guling (roll) pesawat terbang, yaitu gerakan mengelilingi sumbu memanjang (longitudinal axis).

    Fungsi

    Fungsi utama aileron adalah untuk mengontrol gerakan guling pesawat terbang. Aileron bekerja dengan cara mendefleksi sayap ke arah yang berlawanan. Misalnya, jika aileron kiri didorong ke bawah, sayap kiri akan turun, sedangkan sayap kanan akan naik. Hal ini akan menyebabkan pesawat terbang berguling ke kiri.

    Selain itu, aileron juga dapat mempengaruhi gerakan yaw pesawat terbang. Yaw adalah gerakan mengelilingi sumbu tegak (vertical axis). Hal ini terjadi karena aileron dapat menyebabkan pesawat terbang berbelok ke arah yang berlawanan.

    Konstruksi

    Aileron biasanya terbuat dari bahan logam atau komposit. Aileron digerakkan oleh kabel atau batang baja yang terhubung ke tuas kontrol di kokpit pesawat terbang.

    Cara Kerja

    Aileron bekerja dengan cara mendefleksi sayap ke arah yang berlawanan. Misalnya, jika pilot mendorong tuas aileron kiri ke bawah, aileron kiri akan turun, sedangkan aileron kanan akan naik. Hal ini akan menyebabkan sayap kiri turun, sedangkan sayap kanan naik.

    Perbedaan ketinggian sayap akan menyebabkan gaya aerodinamis yang disebut gaya angkat (lift) menjadi tidak seimbang. Gaya angkat yang lebih besar pada sayap kiri akan menyebabkan pesawat terbang berguling ke kiri.

    Kesimpulan

    Aileron adalah permukaan kendali penerbangan yang penting untuk mengontrol gerakan guling pesawat terbang. Aileron bekerja dengan cara mendefleksi sayap ke arah yang berlawanan.

    Tayangan video dari Apa Itu Aileron

    Apa Itu Aileron

    See Also

    0 Komentar